Mata kuliah ini membahas tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang menguraikan struktur, komponen tubuh manusia dan perkembangannya serta fungsi sistem tubuh manusia dan mekanisme fisiologinya. Kegiatan belajar dilakukan melalui kuliah, diskusi, penugasan.

Matakuliah ini mempelajari konsep dasar dan prinsip berbagai metode penentuan status gizi yang meliputi antropometri, biokimia, fisik-klinis, dietary, dan faktor ekologi

Matakuliah ini mempelajari proses metabolisme energi dan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein

Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami penerapan dasar ilmu gizi pada setiap daur kehidupan manusia atau kelompok usia. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan teori tentang perubahan fisiologis, pentingnya gizi dan kebutuhan zat gizi, masalah gizi yang sering terjadi, perhitungan kebutuhan energi dan zat gizi, serta menerjemahkan kebutuhan gizi ke dalam menu tiap daur kehidupan yang dimulai dari pra-konsepsi, hamil, menyusui, bayi dan balita, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, vegetarian, gizi untuk jamaah haji, serta gizi untuk kecantikan.

Mata kuliah ini berisi konsep dasar epidemiologi dan penerapan eidemiologi dalam menilai kesehatan masyarakat dengan melihat angka insiden, prevalen, ukuran epidemiologi dan jenis penelitian di dalam epidemiologi untuk  menilai faktor risiko suatu penyakit dengan observasional maupun eksperimental.

Mata kuliah ini mempelajari bagaimana proses biokimiawi zat gizi mikro dalam makanan hingga diutilisasi tubuh mencakup absorpsi, transport, reseptor, metabolisme, cadangan, serta berbagai masalah yang dapat timbul akibat defisiensi dan kelebihan zat gizi mikro