Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sepak bola adalah suatu permainan olahraga yang dapat di lakukan secara berkelompok dan terbagi menjadi dua tim. Satu timnya memiliki 11 orang pemain dan di dalam permainan sepak bola memiliki banyak aturan yang harus di taati. Awal sepak bola berasal dari negara inggris. Dulu permainan sepak bola dilakukan hanya oleh mahasiswa. Tetapi permainan ini tidak hanya ada di dalam kelas dan menjadi pesat saat ada di luar.

Sepak bola berasal dari kata sepak dan juga bola. Arti kata sepak adalah menendang dengan menggunakan kaki, sedangkan kata bola adalah merupakan alat permainan yang terbentuk dari karet, kulit atau sejenisnya yang memiliki bentuk bulat.

Sepak bola di mainkan dengan cara menedang bola kesana dan kemari yang memiliki tujuan untuk dapat memasukkan bola ke dalam gawang lawan dengan kerja sama tim. Gawang adalah ring yang berada di dalam permainan sepak bola yang di jaga oleh seorang pemain yang di manakan kiper atau penjaga gawang.

Keterampilan sangat di butuhkan dalam memainkan permainan ini. Fisik pun turut ikut ambil bagian dalam membuat para pemain sepak bola menjadi ahli dan lincah dalam memainkan si kulit bundar. Dalam permainan sepak bola ini memerlukan aturan dan penegak aturan untuk dapat menjalankan pengaturan permainan ini. Permainan sepak bola telah masuk ke indonesia ketika masa penjajahan belanda. Ada tokoh yang bernama Ir. Soeratin Sosronegondo yang menjadi pembina sepak bola tanah air. Sepak bola indonesia mendirikan PSSI pada tanggal 19 april 1930. 

1. Subagyo Irianto (2010:3)

Pengertian sepak bolah menurut Subagyo Irianto adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

2. Luxbacher (2008:2)

Pengertian sepak bolah menurut Luxbacher adalah pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

3. Nurhasan (2001:46)

Pengertian sepak bolah menurut Nurhasan adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.



Mengetahui, memahami dan menganalisis peran olahraga berkaitan dengan status gender terutama membahas bagaimana olahraga dapat membantu kaum wanita tetap bugar dan sehat melalui aktivitas olahraga.

Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang anatomi manusia. Mahasiswa mampu menyusun dan mengaplikasikan pengetahuan anatomi pada olahraga.