Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika  merupakan kelompok Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK). Mata Kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal dan internal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif dalam pembuatan perangkat pembelajaran sebagai bekal calon guru pendidikan matematika. Pemahaman perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran, pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan pemahaman perancangan perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif dan kreatif. Berbagai contoh penyusunan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendiidkan (KTSP) atau Kurikulum 2013, model, pendekatan strategi dan teknik pembelajaran dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran berorientasi pada peserta didik serta menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.