Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia bertujuan untuk membekalkan mahasiswa dalam hal wawasan, proses mendisain, dan perangkat penelitian dalam pendidikan kimia yang dapat digunakan untuk menyusun proposal penelitian. Materi perkuliahan ini mencakup hakikat dan karakteristik penelitian pendidikan, identifikasi masalah, review literatur jurnal mutakhir, proposal dan laporan penelitian, evaluasi laporan penelitian, desain penelitian, penelitian eksperimen, penelitian kuasi eksperimen, penelitian kuantitatif non-eksperimen, penelitian kualitatif, penelitian sejarah, etnografi, penelitian tindakan kelas, beberapa metode penelitian, teknik sampling, pengumpulan dan pemaparan data, dan teknik analisis data. Perkuliahan ini dilaksanakan menggunakan metode analisis bab dan presentasinya, brousing internet, analisis artikel, merancang proposal penelitian, presentasi proposal, merancang PTK. Media yang digunakan meliputi buku teks, komputer, LCD-projector dan artikel jurnal dari internet. Keberhasilan peserta pada perkuliahan ini diukur berdasarkan kehadiran, penguasaan materi dalam presentasi, hasil brousing dan analisis artikel, draf proposal (UTS), presentasi proposal, rancangan PTK, hasil revisi proposal penelitian pendidikan kimia (UAS) dan Kebijakan dari Dosen Pengampu mata kuliah.