Selamat datang di e-learning mata kuliah Genetika

Mata kuliah genetika ini memberikan pengetahuan Gambar DNA  tentang organisme makhluk hidup dan pola pewarisan sifat-sifat keturunan dari makhluk hidup, mampu memahami konsep molekuler dari sifat-sifat organisme makhluk hidup. Ruang lingkup mata kuliah genetika meliputi sejarah perkembangan genetika, bahan dasar sifat keturunan makhluk hidup, struktur kromosom, determinasi seks dan pautan seks, pindah silang, dasar fisik pewarisan sifat organisme (alel majemuk dan gen majemuk), hukum mendel I dan II dan aplikasinya,  interaksi gen pada makhluk hidup, mutasi molekular, proses breeding pada makhluk hidup, seleksi dan rekayasa genetika, genetika bakteri-virus dan genetika populasi.


Statistika adalah ilmu uang berkenaan dengan data, dari mulai mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, menyimpulkan dan kemudian mengambil keputusan dari kesimpulan dengan resiko dan variasi yang ada. Ada banyak teori dan metode yang harus dikuasai mahasiswa pada mata kuliah ini dan semuanya membutuhkan dasar yang kuat dari pengetahuan matematika seperti Matematika Dasar dan Kalkulus yang kita ketahui bersama untuk mampu memahami materi mata kuliah ini perlu banyak latihan.

Statistika Industri juga menjadi dasar / prasyarat untuk mata kuliah lain pada tahap berikutnya, seperti Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi, Perencanaan & Pengendalian Produksi, Teori Keputusan, Metodologi Penelitian, Penelitian PKL, dan penelitian tugas akhir. Dapat disimpulkan bahwa statistika adalah salah satu dasar ilmu penelitian-penelitian yang diterapkan di Program Studi Teknik Industri.

Latihan yang dibutuhkan untuk menguasai mata kuliah ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Mata kuliah ini dirancang secara daring terbuka agar mahasiswa memiliki keleluasaan dalam melakukan latihan dan mengulang-ulang materi yang dikemas secara sederhana agar mudah dipahami walaupun tanpa ada pertemuan tatap muka. Oleh karena itu sangat disadari bahwa program daring terbuka pengajaran dengan menggunakan LMS akan sangat membantu proses pembelajaran mata kuliah ini sehingga bias dilakukan optimalisasi capaian pembelajaran yang diinginkan.


Dosen: Agust Isa Martinus, MT.

Prodi: S1 Peternakan

Dosen: Fitri Dian Perwitasari, M.si

Tata niaga merupakan salah satu kegiatan perekonomian, di samping sebagai kegiatan produksi ke konsumsi. Seperti kita ketahui, pengertian produksi adalah suatu proses pembuatan barang atau jasa, sedangkan konsumsi adalah suatu proses penggunaan dari barang atau jasa tersebut. Dengan demikian, Tata niaga berada di antara faktor produksi dan konsumsi yang merupakan penghubung kedua faktor tersebut. 

Mata kuliah ini merupakan salah satu terapan dari ilmu-ilmu ekonomi yang memberikan gambaran tentang bagaimana suatu produk atau jasa setelah diproduksi sampai kepada  masyarakat sebagai konsumen. 

Mata Kuliah ini akan membahas yaitu:

  1. pengertian dan lingkup Tata Niaga Peternakan
  2. permasalahan  Tata Niaga Peternakan, 
  3. manajemen pemasaran, 
  4. segmentasi pasar
  5. analisis perilaku konsumen 
  6. dan biaya margin pemasaran.

Unsur Pencapaian :

  1. Mahasiwa yang telah menyelesaikan kegiatan pembelajaran (kuliah, praktikum, tugas individual dan tugas kelompok) diharapkan akan:
  2. mampu menjelaskan konsepsi dan prinsip dalam perancangan dan penilaian sistem Tata Niaga Peternakan. 
  3. mampu menjelaskan konsep dan menganalisis masalah-masalah tata niaga peternakan dengan diberikannya pengetahuan tentang pengertian, 
  4. ruang lingkup dan pendekatan tata niaga peternakan serta karakteristik produk peternakan. 
  5. Selain itu, mengamati proses dari produsen sampai konsumen yang meliputi fungsi, kelembagaan, peranan pemerintah serta menganalisis biaya dan margin tata niaga.