Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 19-8402-1991), mutu adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi keinginan, kebutuhan dan kepuasan pelanggan, baik yang dinyatakan secara tegas maupun tersamar. Mutu yang melekat pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh industri harus dapat dikendalikan. Kegiatan pengendalian mutu dilakukan dalam usaha menciptakan produk yang sesuai dengan spesifikasi industri dan sesuai dengan keinginan konsumen (acceptable quality). Sedangkan penjaminan mutu dilakukan untuk memastikan sistem produksi yang terintegrasi, terukur, dan dapat dianalisis jika terdapat masalah mutu dalam sistem produksinya.
Hasil pembelajaran Mata Kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menguasai kegiatan-kegiatan dalam pengendalian proses, misalnya tentang pengggunaan peta kontrol, rencana sampling, memahami tentang produk dan hubungannya dengan standar kualitas produk (SNI dan standar global) serta memberikan wawasan dalam pendekatan pengendalian mutu terpadu sebagai bagian dari sistem manajemen mutu.

Mata kuliah Ekonomi Teknik merupakan salah satu mata kuliah dasar dalam analisis kelayakan proyek. Kemampuan analisis ini diasah di Program Studi Teknik Industri karena merupakan hal dasar bagi mahasiswa untuk membantu pengambilan keputusan investasi. Mata kuliah ini memperkenalkan konsep :
•    Time value of Money,
•    Analisa kelayakan berbasis Net present Value (NPV),
•    Internal Rate of Return (IRR),
•    Benefit cost of Ratio (BCR),
•    Break event point (BEP),
•    Pengaruh pajak, depresiasi, inflasi terhadap kelayakan suatu rencana usaha atau rencana investasi.
Rencana proyek dan rencana investasi yang akan dilakukan, terlebih dahulu dianalisis layak atau tidak secara finansial. Selain itu, mahasiswa akan diberikan penjelasan mengenai analisis sensitivitas dan analisis umur ekonomi proyek. Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa diharap dapat menilai kelayakan suatu investasi maupun perencanaan proyek, baik pada sektor private maupun public.

Konsep dasar pemasaran menekankan pada pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sasaran dari setiap bisnis adalah untuk menghantarkan nilai pelanggan dan memperoleh laba sebagai imbalannya. Pembeli yang rasional dihadapkan dengan beragam pilihan, ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia industri. Industri harus mampu mengatur strategi dalam mengomunikasikan nilai unggul dari produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, mata kuliah dasar-dasar pemasaran hadir untuk menuntun para mahasiswa calon industrialis untuk mampu menghadapi berbagai kondisi dan tantangan yang hadir di tengah pasar nasional maupun pasar global.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharap mampu menguasai :
•    Unsur perencanaan strategis
•    Rantai nilai dan nilai pelanggan
•    Strategi unit bisnis
•    Pasar konsumen
•    Metode penelitian pemasaran
•    Strategi bersaing, strategi produk, dan strategi penerapan harga
•    Saluran pemasaran strategis, serta
•    Kondisi pasar global