Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika  merupakan kelompok Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK). Mata Kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal dan internal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif dalam pembuatan perangkat pembelajaran sebagai bekal calon guru pendidikan matematika. Pemahaman perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran, pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan pemahaman perancangan perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif dan kreatif. Berbagai contoh penyusunan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendiidkan (KTSP) atau Kurikulum 2013, model, pendekatan strategi dan teknik pembelajaran dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran berorientasi pada peserta didik serta menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.


Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika mengkaji dan menganalisis pemahaman tentang hakekat matematika, berbagai model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran matematika sebagai bekal untuk merancang pembelajaran matematika agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien, dan berarah dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif. Pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif. Berbagai contoh penyusunan model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran matematika dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran.

Mata Kuliah ini mengkaji secara mendalam konsep dan teori IPS serta teori tentang cara merencanakan dan merancang pembelajaran IPS di SD yang sesuai dengan kurikulum 2013. Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep secara teori dan praktis pembelajaran IPS .Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) Konsep perencanaan pembelajaran (2) Rasional kurikulum 2013 perbandingan kurikulum KBK dan Kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 (3) Elemen perubahan kurikulum 2013 (4) Konsep pendekatan tematik integratif dan konsep pendekatan Saintifik (5) Kata kerja operasional dalam merumuskan tujuan Pembelajaran (6) Konsep pendekatan, strategi, model, metode dan teknik dalam pembelajaran (7) Komponen-komponen pembelajaran yaitu tujuan atau indikator pembelajaranmateri, metode, media, bahan ajar sumber dan evaluasi pembelajaran (8) Konsep penilaian Autentik (9) Rambu- rambu penyusunan RPP tematik  dan kelas tinggi (10) Skenario penyusunan RPP tematik dan kelas tinggi (11) Simulasi pembelajaran tematik di kelas rendah(12) Simulasi pembelajaran IPS di kelas rendah (13) Simulasi pembelajaran di kelas tinggi (14) Simulasi pembelajaran di kelas tinggi.

Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep perkembangan masa kanak-kanak sampai dewasa. Mengidentifikasi dan menganalisis konsep remaja dalam mencari jati diri dan penjabarannya berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Karakteristik konsep-konsep kesalahan- kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik dan cara penyelesainnya dengan mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. Mendeskripsikan dan mendiskusikan teori belajar dengan penerapannya dalam belajar disesuaikan dengan tahapan belajar anak SMA yakni tahap remaja akhir berbasis nilai – nilai qur’ani. Mengidentifikasikan teori belajar, pengelolaan kelas. Menjelaskan sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional.

Matakuliah pembelajaran bahasa Indonesia merupakan kelompok matakuliah keahlian berkarya (MKB). Matakuliah ini, mengaharuskan mahasiswa terampil dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia sehingga mahasiswa mampu mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Dalam matakuliah ini, mahasiswa harus memenuhi matakuliah prasyarat meliputi bahasa Indonesia dan konsep dasar bahasa Indonesia. Mata kuliah ini mengkaji strategi, pendekatan, metode, teknik, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia SD. Selain itu, menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial pembelajaran bahasa Indonesia yang mencakup: prinsip perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; berlatih menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; berlatih mengembangkan rencana pembelajaran untuk praktik mengajarkan bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI; dan simulasi mengajar. Simulasi mengajar di depan teman sendiri menggunakan pendekatan pembelajaran yang terbaru dan sesuai kurikulum yang berlaku sekarang di SD/MI. Simulasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia meliputi pembelajaran kelas rendah dan kelas tinggi.

welcome

Selamat datang di kelas online Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. 

Mata kuliah ini dikhususkan untuk mahasiswa pendidikan khususnya prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah ini wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD karena memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa calon pendidik/pendidik dalam mengenal dan memahami konsep-konsep anak berkebutuhan khusus melalui berbagai kegiatan observasi langsung, studi literatur, dan diskusi baik secara daring maupun atap mukat. Mata kuliah ini juga menyiapkan mahasiswa calon pendidik/pendidik untuk memahami berbagai konsep dasar anak berkebutuhan khusus yang termasuk kedalam tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, tunalaras, anak autis, anak cerdas berbakat, anak berkesulitan belajar dan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan gambaran konsep pendidikan terpadu dimana siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus belajar dalam satu lingkungan belajar yang dinamakan sekolah inklusif.

Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika membahas pengertian media pembelajaran, peran dan fungi media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, teknik produksi media-media pembelajaran, teknik penyajian media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran, yang dikhususkan pada pembelajaran matematika. Bahasan-bahasan dilengkapi dengan praktikum pembuatan desain dan produksi beberapa jenis media yang cocok dengan karakteristik siswa.

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Program Studi yang diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Pendidikan Kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai hakekat media pembelajaran, peran media pembelajaran dalam pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, ketepatan dalam memilih media pembelajaran, mendesain dan membuat media pembelajaran serta teknik penggunaan media pembelajaran

Matakuliah Strategi Pembelajaran biasanya diampu Oleh mahasiswa pada semster Ganjil. Matakuliah ini mengenalkan berbagai macam Strategi Pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar.
Karena pada dasarnya pembelajaran adalah proses penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika seorang guru berfikir informasi dan kemampuan apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Ini sangat penting untuk difahami, sebab apa yang harus dicapai akan menentukan bagaimana cara mencapainya. Maka melalui mata kuliah strategi pembelajaran ini mahasiswa mampu merefleksi konsep strategi pembelajaran secara lisan maupun tulisan dan dapat mengimplementasikannya kedalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Konsep dasar pembelajaran, (2) Pengertian strategi pembelajaran, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran, (4) Macam-macam strategi pembelajaran, dan (5) Skenario pembelajaran


Dosen: Widia Nur Jannah