Selamat datang di kelas online Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus.
Mata kuliah ini dikhususkan untuk mahasiswa pendidikan khususnya prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah ini wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD karena memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa calon pendidik/pendidik dalam mengenal dan memahami konsep-konsep anak berkebutuhan khusus melalui berbagai kegiatan observasi langsung, studi literatur, dan diskusi baik secara daring maupun atap mukat. Mata kuliah ini juga menyiapkan mahasiswa calon pendidik/pendidik untuk memahami berbagai konsep dasar anak berkebutuhan khusus yang termasuk kedalam tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, tunalaras, anak autis, anak cerdas berbakat, anak berkesulitan belajar dan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan gambaran konsep pendidikan terpadu dimana siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus belajar dalam satu lingkungan belajar yang dinamakan sekolah inklusif.
- Teacher: Susilawati, S.Pd., M.Pd. (PGSD)
Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika membahas
pengertian media pembelajaran, peran dan fungi media pembelajaran, jenis-jenis
media pembelajaran, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, teknik
produksi media-media pembelajaran, teknik penyajian media pembelajaran, dan
evaluasi media pembelajaran, yang dikhususkan pada pembelajaran matematika.
Bahasan-bahasan dilengkapi dengan praktikum pembuatan desain dan produksi
beberapa jenis media yang cocok dengan karakteristik siswa.
- Teacher: Desy Lusiyana
Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika merupakan kelompok Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK). Mata Kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal dan internal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif dalam pembuatan perangkat pembelajaran sebagai bekal calon guru pendidikan matematika. Pemahaman perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran, pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan pemahaman perancangan perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif dan kreatif. Berbagai contoh penyusunan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendiidkan (KTSP) atau Kurikulum 2013, model, pendekatan strategi dan teknik pembelajaran dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran berorientasi pada peserta didik serta menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.
- Teacher: Liyah Sumliyah
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep perkembangan masa kanak-kanak sampai dewasa. Mengidentifikasi dan menganalisis konsep remaja dalam mencari jati diri dan penjabarannya berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Karakteristik konsep-konsep kesalahan- kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik dan cara penyelesainnya dengan mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. Mendeskripsikan dan mendiskusikan teori belajar dengan penerapannya dalam belajar disesuaikan dengan tahapan belajar anak SMA yakni tahap remaja akhir berbasis nilai – nilai qur’ani. Mengidentifikasikan teori belajar, pengelolaan kelas. Menjelaskan sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional.
- Teacher: Dewiantika Azizah
- Teacher: Rina Hizriyani
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika mengkaji dan menganalisis pemahaman tentang hakekat matematika, berbagai model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran matematika sebagai bekal untuk merancang pembelajaran matematika agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien, dan berarah dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif. Pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif. Berbagai contoh penyusunan model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran matematika dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran.
- Teacher: Desy Lusiyana
- Teacher: Titi Rohaeti