Bismillahirrohmaanirrohim,

Perkenalkan saya Freddy Wicaksono, M.Kom dalam Program RPL ini saya mengampu mata kuliah Teknologi Komunikasi. Mata kuliah ini membahas mengenai garis besar sejarah / perkembangan teknologi komunikasi mulai dari jaman pra sejarah hingga teknologi terkini dan memberikan pengetahuan tentang bentuk-bentuk teknologi komunikasi yang ada beserta karakteristiknya masing-masing, serta implikasinya bagi manusia yang menggunakannya.

Pertemuan akan dilaksanakan selama 16 Pertemuan termasuk pelaksanaan UTS di pertemuan 8 dan pelaksanaan UAS di pertemuan 16.
Jadwal Pertemuan setiap hari KAMIS pukul 14.40 - 16.20 dan SABTU 09.00 -10.40

"Keberhasilan adalah buah dari ribuan kegagalan yang tanpa menyerah"

Salam,
Freddy Wicaksono, M.Kom

Matakuliah ini membahas konsep perdagangan elektronik (e-commerce), pasar digital, bisnis elektronik (e-business), dan jaringan sosial (social networking) yang tercipta sebagai akibat perkembangan penggunaan Internet. Matakuliah ini juga membahas mengenai prosedur, tata cara serta hal-hal yang harus diketahui oleh seorang enterpreneur dalam menjalankan model bisnis secara online.


Matakuliah ini pada dasarnya merupakan pembekalan komunikasi massa untuk mahasiswa agar dapat menunjang dan memperlancar penyelesaian studi. Untuk mencapai maksud tersebut mahasiswa akan diarahkan untuk mampu menemukan, memahami dan menganalisis perkembangan komunikasi massa yang terjadi dewasa ini. Pada setiap pertemuan/presentasi, didahului dengan kuliah pendek dosen sebagai pengantar, pembahasan contoh-contoh tentang teknologi komunikasi dalam keseharian mahasiswa, dan lanjutkan dengan diskusi serta tugas lapangan, sehingga mahasiswa dapat lebih menguasai materi yang diberikan.

Jadwal perkuliahan untuk Program RPL ini dilakukan setiap hari Selasa pukul 09.00-11.30 dengan Kami, 09.00-11.30 WIB

Terima Kasih


Mata kuliah Manajemen Isu dan Krisis memberikan gambaran tentang arti penting terkait dengan reputasi sebuah perusahaan/organisasi. Oleh karena itu dalam perkuliahan ini mahasiswa akan dibekali  kemampuan mengenali berbagai resiko yang berpotensi menyebabkan terjadinya krisis dan isu pada perusahaan/organisasi. Selain itu berbagai cara penanganan isu dan krisis pada sebuah perusahaan dipelajari dan dianalisis melalui berbagai contoh kasus. Pada akhir semester mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis terkait dengan potensi resiko dan strategi penanganan isu dan krisis pada sebuah perusahaan/organisasi tertentu.


Mata kuliah pembelajaran Sains SD merupakan salah satu Mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP), dengan bobot 2 SKS. Matakuliah ini memberikan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman mengenai implementasi pembelajaran IPA di SD mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Mata kuliah ini memuat: (1) Hakekat pembelajaran IPA; (2) Teori-teori pembelajaran IPA; (3) Standar isi (konten materi) pembelajaran IPA SD; (4) Pendekatan pembelajaran IPA; (5) Merancang media pembelajaran IPA; (6) Merancang evaluasi pembelajaran IPA; (7) Menyusun RPP IPA (8) Mengimplementasikan konsep-konsep pembelajaran IPA di SD. Dengan demikian diharapkan mahasiswa PGSD memiliki keterampilan mengajar IPA dengan aktif, menarik, menyenangkan dan mampu mengoptimalkan berbagai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dengan tepat sesuai perkembangan siswa SD.


Dalam Perkuliahan ini dibahas tentang manusia dalam kontek sosial atau manusia sebagai makhluk sosial yang mengungkapkan perkembangan individu mulai dari satuan keluarga, masyarakat sampai ke satuan yang lebih luas. Dalam pokok bahasan ini ditelaah masalah peranan nilai, moral, dan hukum serta interaksi sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, proses sosial dan pembangunan. Dibahas pula masalah-masalah manusia dalam konteks kebudayaan, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta interaksi manusia dengan lingkungannya.


Desa sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perkembangan ketatanegaran Indonesia dan merupakan laboratoium Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekarang desa  telah memiliki undang-undang yang khusus mengatur tentang penyelenggaraan pemerintahan desa setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada tanggal 15 Januari 2014. Salah satu bagian sangat penting dalam Undang-Undang tentang Desa tersebut adalah adanya pengaturan tentang Peraturan Desa. Eksistensi Peraturan Desa kini memiliki dasar hukum yang jelas dan kuat. Adapun cakupan yang dapat dikatakan peraturan desa yakni Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa, dan Peraturan Antar Desa.
Jadwal Perkuliahan: Rabu Pukul 13.00-14.30 WIB atau 14.00-15.30 WITA
                                Jumaat Pulu 13.00-14.30 WIB atau 14.00-15.30 WITA